Close

KOTA AGUNG — Deburan dan gulungan ombak putih pantai Terbaya, Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus berlomba menuju bibir pantai. Jarak tempuh kurang lebih 2 jam untuk sampai di salah satu destinasi wisata di Tanggamus.
Tidak banyak pengunjung yang datang ke pantai ini. Apakah faktor pengelolaan yang tidak maksimal atau karena warga setempat memang sedang sibuk dengan aktifitasnya masing-masing sehingga pantai indah tersebut bagai terabaikan.
Sejumlah siswa menengah atas nampak asik menikmati keindahan pantai yang terkesan tidak tertata dan kumuh itu. Beberapa penduduk lokal juga ada yang wara wiri di sepanjang bibir pantai dengan membawa sejumlah peralatan.
Ermawati (19) salah satu remaja putri yang datang bersama ketiga temannya mengaku, di hari normal, suasana pantai Terbaya begitu begitu saja.
” Ga ramai kok, ya beginilah suasananya,” kata Ermawati.
Pengunjung di pantai ini ramai hanya pada hari hari besar. Itupun ukuran ramai bisa dihitung dengan jari.” Padahal letaknya di pinggiran kota seharusnya kan ramai pengunjung,” kata dia.
Senada dengan Ermawati, warga setempat lainnya Anna mengamini perkataan Ermawati. Posisi strategis pantai karena ada di daerah perkotaan seharusnya secara bisnis mendatangkan keuntungan.
” Banyak orang luar yang singgah di pantai ini dan merasakan hal yang sama. Mereka menyayangkan pengelolaan pantai oleh pihak berwenang,” kata Anna.
Dua warga Tanggamus ini berharap kedepannya ada keseriusan pemerintah baik daerah dan provinsi bisa melakukan penataan pantai Terbaya yang lebih Baik.
“Kalau banyak pengunjung kan ada pemasukan, pemerintah dab warga banyak mengambil manfaatnya,” pungkas Ermawati. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close