Close

Bisnis makanan ringan mulai menjamur di berbagai wilayah Indonesia. Peminat semakin banyak, produksi semakin mudah, dan pemasarannya bisa dilakukan dari rumah.

Makanan ringan khas Indonesia  ada banyak sekali dan mayoritas memiliki cita rasa yang pedas, gurih, dan asin. Ada basreng, makaroni, mi lidi, kripik, usus goreng, dan masih banyak lagi.

Berbagai jenis makanan ringan ini cocok sekali dijadikan camilan dan teman makan. Harganya juga sangat terjangkau, mudah ditemukan, dan bikin ketagihan.

Berikut ulasan makana  ringan khas Indonesia dari berbagai sumber, Jumat (4/12/2020).

Mie Lidi

Mi Lidi merupakan salah satu jajanan berbahan dasar tepung terigu yang tak pernah absen dibeli pas zaman sekolah. Rasa gurih mi dan bumbu yang bervariasi membuat siapapun ketagihan. Tak ada salahnya bila kemudian mi lidi ini jadi salah satu inspirasi untuk membuka bisnis.

Kabar baiknya mi lidi kini tidak hanya jadi selera anak-anak di sekolah tetapi orang dewasa juga kerap kali memilih mi lidi sebagai cemilan di kala bekerja. Pangsa pasar yang cukup luas membuat bisnis ini lebih mudah untuk dimulai, selain juga modal yang relatif sedikit. Siapa sangka bisnis mi lidi ini ternyata memiliki omset yang bombastis.

Basreng

Makanan ringan kekinian selanjutnya juga tidak kalah enak. Saat ini semakin banyak inovasi yang dibuat para pengusaha makanan ringan untuk memikat hati konsumennya. Salah satu makanan ringan yang kini digemari orang-orang adalah basreng atau baso goreng. Kelezatan rasanya mengundang rasa penasaran bukan saja para remaja melainkan juga orang dewasa.

Karena kepopulerannya banyak orang mulai mencoba peruntungan dengan membuka usaha basreng dengan beragam varian yang mereka ciptakan untuk menarik pembeli. Sejauh ini basreng memiliki pangsa pasar yang luas, selain itu bisnis makanan ini juga tidak ribet dan sangat menguntungkan.

Usus Goreng

Banyak orang menilai rendah usus ayam, tetapi di tangan orang-orang kreatif usus disulap menjadi makanan ringan yang gurih dan enak. Siapa sangka kalau akhirnya usus diminati banyak orang dari berbagai usia dan latar belakang.

Omset dari bisnis usus crispy tidak bisa diremehkan begitu saja. Rasa yang unik dan strategi pemasaran yang mendukung membuat usus crispy memiliki nilai jual yang tinggi dan menguntungkan. Makanan ringan ini cocok dijadikan camilan dan teman makan yang ideal.

Tahu Kremes

Selain tahu bakso, olahan tahu yang tidak kalah populer di kalangan masyarakat adalah tahu kremes. Siapa yang tidak suka dengan makanan ringan ini, selain rasanya yang gurih tahu kremes juga bisa dijadikan tambahan saat makan bakso atau soto.

Seiring dengan kepopulerannya bisnis tahu kremes semakin dilirik orang-orang, selain cara membuatnya yang tidak sulit, tahu kremes juga memiliki pangsa pasar yang cukup stabil tentu saja dengan keuntungan yang menjanjikan.

Kripik Singkong

Keripik singkong bisa disebut sebagai panganan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis. Irisan singkong kemudian digoreng dengan rasa asli asin dengan beraroma bawang yang gurih. Keripik singkong banyak digemari karena rasanya renyah dan harganya murah. Keripik ini sangat cocok untuk dinikmati di waktu santai bersama teman dan keluarga.

Keripik merupakan camilan yang dibuat dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng, dijemur, atau dikeringkan, kemudian diiris tipis-tipis. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah, keripik biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu.

Stik Talas

Colocasiaesculenta atau lebih akrab dengan sebutan umbi talas merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang bisa dimakan dengan proses pemasakannya dengan direbus atau digoreng. Ternyata umbi talas memiliki beragam nutrisi yang baik untuk tubuh seperti kalsium, zat besi, protein, vitamin A, vitamin B dan garam fosfat.

Selain dimakan dengan direbus atau digoreng, umbi talas juga bisa dijadikan makanan ringan yang kekinian seperti stik talas. Orang yang pada mulanya tidak begitu menyukai dan cenderung meremehkan talas malah justru sekarang sangat menyukai karena rasa stik talas yang gurih apalagi jika ditambah bubuk cabai pasti langsung ketagihan.

Kripik Pisang

Keripik pisang berbagai rasa juga bisa menjadi makanan ringan kekinian untuk dijadikan ide bisnis. Kalau keripik pisang terdengar biasa saja, bagaimana dengan keripik pisang coklat? Atau keripik pisang keju dan greentea? Berinovasi dengan beragam rasa adalah bentuk pemasaran yang menyesuaikan dengan tuntutan zaman, sehingga peminatnya selalu bertambah.

Pilihan rasa yang banyak serta didukung dengan pemasaran dan produk kemasan yang unik dijamin bisnis keripik pisang ini akan menjadi bisnis yang bukan sekedar kekinian tetapi juga bisa jadi bisnis yang menguntungkan.

Tahu Bakso

Dalam kehidupan sehari-hari tahu menjadi salah satu bahan baku makanan yang akrab di semua kalangan masyarakat. Tahu sering diolah menjadi berbagai macam makanan termasuk makanan ringan seperti tahu bakso daging. Makanan ini merupakan olahan tahu goreng yang diberi isian adonan bakso sehingga cita rasa tahu menjadi semakin unik.

Tahu bakso daging bukan jenis makanan yang baru di kalangan masyarakat. Meskipun begitu pamor tahu bakso tetap melejit seiring dengan inovasi yang dibuat dan cara pemasaran yang beragam. Tidak salah kalau akhirnya makanan ringan kekinian ini bisa menghasilkan banyak keuntungan.

 

Penulis : Ilham Ramadhan

Mahasiswa Komunikasi Penyiaran IslamInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close