Close

Sumber gambar: erwanfirdauswi Share to Facebook here to Twiter

Meski kalah populer dibanding Bangka Balitung, Lampung memiliki potensi wisata yang luar biasa indah. Hampir semua ada di sana. Mulai dari wisata alam dengan pantai, gunung, dan air terjun, hingga wisata kekinian seperti spot selfie.

Seiring berjalannya waktu, destinasi-destinasi baru dan seru pun semakin banyak bermunculan. Di antaranya  nih 10 tempat wisata di Lampung yang lagi hits dan tentunya wajib untuk kamu kunjungi ketika liburan di bawah ini:

Pantai Sebalang

Foto: Dimas Prasetyo/Lampung Geh

Lokasi pesisir pantai yang epic dimanfaatkan secara baik oleh tangan kreatif pemuda asal Kabupaten Lampung Selatan satu ini. Pantai Sebalang yang terletak di Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan dikenal dengan panorama sunset yang indah dan baru-baru ini memiliki sebuah kafe.

Jika tak puas hanya nongkrong, pengunjung juga dapat camping di Sebalang Kuy. Rizki juga telah menyediakan perlengkapan alat camping yang bisa disewa oleh wisatawan. Sewa tenda ikut harga pasaran, di tempat gua harganya Rp 50 ribu satu malam. Alat masak, alat panggang, dan arang itu sudah free, gua juga kasih lampu penerangan. Harga oke, tempat oke, view kece.

Karena viral di berbagai media sosial, banyak yang mengantre untuk berkunjung ke tempat yang satu ini, selain harganya murah tempatnya juga bagus untuk memandang sunset.Untuk berwisata sekaligus nongkrong di Sebalang Kuy, pengunjung dikenakan biaya tarif masuk sebesar Rp 20 ribu untuk motor dan Rp 40-50 untuk mobil. Sebalang Kuy menjadi salah satu referensi lokasi wisata di Provinsi Lampung. Selain tempatnya yang epic dengan pemandangan sunset, SKuy juga cukup digemari para kaum milenial untuk berswafoto. Perlu diketahui untuk waktu operasional Sebalang Kuy mulai pukul 15.00 WIB hingga 00.00 WIB dan buka setiap hari.

Air Terjun Lembah Pelangi

Foto: Dova putra

Air Terjun Lembah Pelangi berada di Desa Sukamaju, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus Lampung. Jaraknya sekitar 119 km dengan waktu tempuh normal sekitar 4 jam perjalanan.dari kota Bandar lampung. Penamaan Air Terjun Lembah Pelangi ini karena pelangi yang muncul di air terjun ini. Akibat pembiasan yang terjadi antara pantulan air terjun yang terkena bebatuan dan sinar matahari. Gemuruh air yang mengalir ke bawah menambah sensasi kesejukan yang ada di air terjun ini, terlebih hempasan air yang terbawa angin membuat sahabat akan merasakan sejuknya lokasi hutan ini. Air terjun Lembah Pelangi ini sangat indah dan jadi rekomendasi bagi pecinta wisata. Untuk mencapai air terjun ini tidak sulit, karena bisa dicapai dengan kendaraan. Selanjutnya yang butuh tenaga untuk berjalan turun ke lokasi air terjunnya.

Embun dari air yang tertiup angin akan menyapu wajah anda dan sensasi dingin dan sejuk langsung terasa. Dan eksotismenya, Air Terjun Lembah Pelangi di Ulu Belu ini terdiri atas 2 air terjun, satu di bagian atas dengan ketinggian air terjun sekitar 90 meter. Cukup tinggi bukan? Selain air terjun, ternyata ada sumber air panas alami juga di Air Terjun Lembah Pelangi. Setelah puas mandi dan badan kedinginan menikmati air terjun, pengunjung dapat merasakan kehangatan dari sumber air panas ini. Keren bukan?

 

Bukit idaman

Foto: Septyan Bayu Anggarasssss

Bukit Idaman Gisting di Tanggamus ini sedang ngehits di media sosial. Pasalnya, spot ini menyajikan pemandangan indah sekaligus tempat foto yang ngehits buat anak muda. Latar belakang Gunung Tanggamus juga jadi daya tarik tersendiri yang bikin betah berlama-lama di sana. Untuk menyaksikan pemandangan indah ini, disediakan beberapa spot foto yang bikin kunjungan kamu ke sini menyenangkan.

Di Bukit Idaman kamu bisa mencoba beberapaSpot foto yang lucu-lucu di sana. Spot foto yang ada di bukit idaman antara lain adalah sebagai berikut : Bangku kecil berwarna merah,Ayunan,Bangku kayu,Bangku besar berwarna putih,Balon love warna merah,Bangku kayu berwarna kuning,Gazebo untuk foto. Banyak banget kan pilihannya. Kamu bakalan betah deh foto-foto terus di spot itu dengan pemandangan gunung yang cakep banget. Selain itu ada taman-taman bunga yang warna-warni di sini. Tuh kan banyak banget alasan yang bikin pengen ke sana.

Pantai Labuhan Jukung

Wisata pantai labuhan jukung ini berada di kab. Pesisir Barat lampung tepatnya terletak di Pekon Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah, Krui Pesisir Barat. Untuk mencapai pantai Labuhan Jukung teman-teman traveler yang datang dari luar provinsi lampung kita ambil titik awal dari kota Bandar Lampung, bagi yang hobi backpacker bisa menaiki Bus Krui Putra, travel Bandar Lampung Krui, atau Bus Trans Lampung dari Branti Ke Krui tinggal teman-teman pilih saja ingin yang mana.

Untuk sampai ke Krui dari jalan utama Bandar Lampung Krui, masuk ke kiri sekitar 500 meter. Selanjutnya teman-teman traveler akan menjumpai papan petunjuk arah menuju pantai Labuhan Jukung, sedikit info nih bagi teman teman yang ingin kesana sebelum sampai ke pantai Labuhan Jukung traveler  akan di suguhkan keindahan pantai pantai cantik dan mempesona.

Air Terjun Tirai Lebuay

Air Terjun Tirai Lebuay nah itu nama salah satu objek wisata yang ada di provinsi lampung yang bisa di jadikan referensi ketika libur anda tiba. Air Terjun Tirai Lebuay ini memiliki daya tarik yang berbeda. Mengapa namanya air terjun tirai atau sering di sebut curup tirai oleh Masyarakat sekitar mungkin karena bentuknya yang tercurah air yang menyebar sehingga mirip tirai, oleh karena itu disebut air terjun tirai, terlepas dari itu semua keindahan yang di tawarkan curup tirai ini cukup menggoda bagi mereka yang hobi selfie dengan background panorama keindahan alam. Dengan debit air yang cukup deras dan air yang tercurah menyebar menyerupai tirai ini tentu menghadirkan romantisme tersendiri bagi petualang yang suka mengeksplor daerah yang baru.

 

Bukit Sukmo Ilang

Pemandangan lampu kota yang cantik terlihat dari Wisata Sukma Hilang, Pesawaran, Sabtu (25/7) | Foto: Dimas Prasetyo/Lampung Geh

Pesona pariwisata di Provinsi Lampung semakin beragam dari wisata perairan hingga ke pegunungan. Di Kabupaten Pesawaran ada salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi yakni Wisata Sukma Hilang.

Ya, wisata tersebut baru-baru ini viral melalui beberapa postingan di Instagram. Pasalnya pemandangan lampu-lampu nan cantik menjadi daya jual dari tempat camping yang letaknya di Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedongtataan, Pesawaran ini. Sukmo ilang adalah lokasi wisata untuk berkemah di atas ketinggian dengan panorama pemandangan cahaya lampu kota. Lokasi ini juga sangat cocok bagi pendaki pemula, hal itu karena lokasi kemah yang tidak terlalu tinggi dan jalur lintasan sudah dilapisi dengan semen sehingga tidak licin.

Sebelumnya Sukma Hilang ini dapat ditempuh dengan sepeda motor hingga ke puncak, namun karena suatu hal sehingga para pengunjung saat ini diharuskan mendaki dengan ketinggian sekitar 1.200 mdpl atau 1 jam perjalanan.

 

Penulis: Fajar bayu

Mahasiswa Semester V di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close