Close

Makanan khas Lampung, Lampung memiliki banyak tempat menarik untuk dijelajahi. Setiap daerah memiliki destinasi menawan untuk disinggahi. Begitu pula untuk urusan makanan, Lampung juga terkenal memiliki makanan khas yang terkenal lezat,  jadi ketika anda traveling ke Lampung, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas Lampung yang cukup populer. 

Anda bias mencicipi kue-kue yang bias dibawa untuk oleh-oleh, hingga makanan tradisional yang lezat. Ingin tahu apa saja makanan khas Lampung yang terkenal lezat dan wajib dicicipi? Berikut ulasan rangkumannya.

 

Seruit Lampung

Makanan yang pertama adalah Seriut. Makanan ini sanga tkhas sekali di Lampung dan biasanya akan disajikan sebagai hidangan saat acara penikahan dan acara adat keagamaan. Makanan ini sangat istimewa dan bahkan menjadi salah satu makanan pokok masyarakat adat Pepadun.

Bahan yang digunakan untuk membuat makanan khas Lampung ini adalah ikan yang di masak dengan cara di bakar. Bumbu yang digunakan adalah terasi, tempoyak atau bahkan mangga. Tempoyak adalah daging durian yang di fermentasi sehingga akan memiliki aroma sangat kuat. Namun jika anda tidak menyukai aroma tempoyak bias memilih seruit dengan mangga segar yang menggoda.

Tempoyak Lampung

Makanan khas yang selanjutnya adalah tempoyang atau tempoyak . Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging durian yang sudah matang dan kemudian difermentasikan.

Cara untuk membuat makanan ini cukup mudah, buah durian kualitas terbaik dengan kadar air yang banyak dan legit kemudian dipisahkan dengan bijinya, selanjutnya diberi garam dan cabai.

Jika sudah maka bias di simpan di kulkas selama 5 hari. Jika sudah selesai maka tempoyang bias digunakan sebagai pelengkap ikan bakar khas Lampung. Tempoyang juga biasanya dijadikan sebagai bahan dasar sambal goreng yang khas.

Gulai Taboh Lampung

Makanan khas Lampung enak yang selanjutnya adalah gulai taboh. Makanan ini memiliki nama yang unik namun bahan yang digunakan sangat sederhana. Bahan utama gulai ini adalah kacang-kacangan dan juga ubi-ubian sehingga sangat sehat dan alami. Bahan tersebut akan di masak dengan menggunakan santan lalu di beri tambahan rebung serta kentang.

Jika ingin merasakan gulai taboh yang berbeda maka bias ditambahkan terasa atau daun sirih sehingga akan sangat menggoda aromanya.

Engkak Lampung

Makanan berikutnya adalah Engkak. Makanan ini memiliki rasa yang terbilang manis. Bahan yang digunakan untuk membuat Engkak adalah mentega dan telur yang dihaluskan dan di campur bahan lainnya, hingga menjadi lembek. Bahan lainnya yang digunakan untuk membuat Engkak yang lezat adalah gula pasir, telur ayam, tepung ketan putih, santan, susu kental manis serta mentega.

Semua bahan di aduk hingga tercampur sempurna lalu akan dimasukan ke loyang yang sudah di beri mentega. Makanan ini mirip dengan lapis legit sehingga cocok jika dijadikan sebagai cemilan atau dimakan untuk menu  sarapan.

Kemplang Lampung

Makanan dari Lampung memang kebanyakan berbahan dasar ikan. Makanan selanjutnya yang terbuat dari ikan adalah kemplang. Makanan ini berasal dari Bandar Lampung. Kemplang di buat dengan cara yang sangat mudah karena cara memasaknya hanya dengan di panggang. Makanan ini akan sangat cocok dinikmati oleh mereka yang tidak suka dengan makanan berminyak.

Rasa kemplang sangatlah gurih juga renyah. Tampilannya juga begitu istimewa sehingga akan membuat anda penasaran untuk mencicipi makanan satu ini. Kemplang cocok dijadikan cemilan ataupun sebagai lauk makan.

Keripik Pisang

Makanan khas dari Lampung yang selanjutnya yakni keripik pisang. Makanan ini sangat terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Banyak yang belum tahu jika ternyata keripik pisang berasal dari Provinsi lampung.

Saat ini keripik pisang sudah semakin modern karena bias ditemukan dengan bahan rasa seperti sapi panggang, rasa buah, rasa teh, bahkan rasa kopi dan masih banyak lainnya.

Penulis: Handika Jaya  

Memenuhi Tugas Ujian Akhir Manajemen Media Massa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close