Close

GUNUNG SUGIH – Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah Lamteng) menggelar pelatihan sekaligus simulasi penanganan jenazah pasien Covid-19.

Kegiatan yang dilakukan di Lapangan Merdeka Gunung Sugih tersebut melibatkan Dinas Kesehatan, BPBD, Satgas dari 28 Kecamatan se-Lamteng, Jumat (04/12/20).

Dalam arahannya Pjs. Bupati Lamteng Adi Erlansyah yang di wakili Asisten Bidang Administrasi dan Umum Hi. Sarjito berharap kepada seluruh satuan tugas dari 28 Kecamatan agar benar-benar dan serius mengikutinya, agar kelak di kecamatan ada warga yang meninggal karna wabah virus corona dapat dengan segera di selesaikan proses pemakamannya yang sesuai dengan protokol Covid-19.

Selain itu Sarjito meminta kepada petugas pemberi materi agar sedetail mungkin memberikan penjelasan terkait proses pemakaman jenazah bila ada warga masyarakat yang meninggal karna virus corona, mulai dari proses persiapan pemakaian APD hingga di pemakaman di liang lahat, sehingga petugas tidak ragu lagi dalam melaksanakan tugasnya karna sudah mengetahui proses nya yang sesuai dengan protokol Covid-19.

Dalam simulasi itu dijelaskannya, satuan tugas di beri pelatihan cara menggunakan APD, membungkus jenazah yang ada di dalam peti dan protokol kesehatan saat memakamkan juga usai memakamkan jenazah.

Ditegaskan pula, pemulasaran jenazah Covid-19 ini sangat penting, sehingga petugas dari satuan tugas yang ada di kecamatanan siap melakukan tugas sesuai protokol Covid-19.

“Mereka butuh pengetahuan dan keahlian menangani jenazah terpapar Covid-19, karena ini di luar kebiasaan menangani jenazah pada kondisi normal,” terang Hi. Sarjito. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close