Close

Bandar Lampung — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dengan seluruh Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung melalui Video Conference di Mahan Agung, Jumat (3/4).

Dalam rakor tersebut turut hadir pula Ketua DPRD Provinsi Lampung, Jajaran Forkopimda Provinsi Lampung,. Sekretaris Daerah Lampung dan Jajaran Forkopimda di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Lampung,

Pada kesempatan itu, Bupati/Walikota menyampaikan situasi terkini perkembangan penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing, seluruh Bupati dan Walikota yang ada di Provinsi Lampung telah mengambil langkah – langkah pencegahan penyebaran virus Corona dengan mendirikan pos pemantauan di tiap pintu masuk dan keluar wilayah Kabupaten dan Kota masing – masing dan bersinergi dengan Kepolisian dan TNI serta menempatkan petugas gabungan.

Arinal selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung menginstruksikan agar tiap daerah menyiapkan sumber daya dan fasilitas kesehatan seperti, kapasitas ruang perawatan, menyiapkan ruang isolasi sesuai standar yang ada, lalu menyiapkan areal pemakaman bagi warga yang meninggal akibat wabah ini dan juga melakukan pemantauan secara persuasif kepada warga yang berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan).

Kemudian untuk alat-alat yang dibutuhkan dan fasilitas kesehatan, Arinal menyampaikan bahwa alat-alat tersebut sedang dalam proses pengadaan.

“Untuk APD lengkap, Rapid Test, dan Thermo Gun sedang dalam proses pengadaan. Nantinya akan disebar ke 30 Rumah Sakit rujukan di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Lampung,” ujar Arinal.

Pemerintah Provinsi Lampung dalam rangka menghadapi dan melaksanakan tindakan pencegahan dan penanganan Covid-19 ini telah menyiapkan anggaran sebesar 246 Miliar, dengan rincian 135 Miliar bersumber dari APBD dan 111 Miliar dari APBN.

Bupati dan Walikota diminta agar melakukan pencegahan dan penanganan di daerah masing – masing dengan melakukan Refocusing anggaran untuk mendukung penanganan Covid 19 dan nantinya akan dilaporkan kepada Pemerintah Pusat.

Para kepala Daerah juga diminta untuk melakukan pengawasan dan memastikan Ketersediaan bahan pokok di daerah, mensosialisasikan himbauan Pemerintah tentang pencegahan Covid 19 termasuk maklumat Kapolri agar dipatuhi dan disosialisasikan hingga tingkat Desa.

Pemerintah Kabupaten dan Kota diharapkan dapat menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas kesehatan dan alat kesehatan lainnya disamping bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung.

Lebih lanjut, Arinal juga berharap kepada Bupati dan Walikota untuk mengawasi dan mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tidak melakukan perjalanan keluar daerah dan mengikuti arahan dan kebijakan Pemerintah Daerah.

Kepada beberapa daerah, Gubernur berpesan secara khusus agar pengawasan orang yang masuk ke Provinsi Lampung dan tenaga kerja yang baru saja kembali dari Wilayah lain di Indonesia lebih diperketat.

Pada kesempatan terakhir video conference, tidak lupa Arinal menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan Walikota yang sudah bekerja secara maksimal dan berpesan agar tetap serius dalam menangani wabah Corona dengan disertai harapan agar wabah Corona segera berakhir. (ella-Diskominfotik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close