Close

Peserta LDK OSIS SMAN 1 Terusan Nunyai saat mendengar pengarahan.

LAMPUNG TENGAH, JNNews — Dalam rangka rutinitas reorganisasi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS),
SMA Negeri 1 Terusan Nunyai, Lampung Tengah mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

Selain melatih dan menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan sejak dini, LDK juga diharapkan dapat meningkatkan solidaritas, tanggung jawab dan kedisiplinan.

Hal ini dijelaskan Kepala Sekolah Drs. Andreas Sinaga, MM, dan ia juga mengatakan, “LDK sangat bermanfaat dalam melatih Kepemimpinan agar dapat menjadi bekal berorganisasi dalam melaksanakan program kerja OSIS dengan penuh Semangat dan bertanggung jawab,” ungkapnya, Senin (30/09/2019).

Dalam pemaparannya, materi LDK mencakup kegiatan indoor yaitu kepemimpinan, pembentukan pengurus OSIS penyusunan anggaran, pembuatan proposal dan penyusunan program kerja.

“Materi LDK ada 2 yaitu indoor yang mencakup kegiatan internal, pembentukan pengurus OSIS dan pengadministrasian organisasi seperti penyusunan anggaran, penyusunan anggaran dan program kerja,” papar kepala sekolah.

Tidak kalah penting, materi outdoor, lanjut Andreas Sinaga, fokus kepada fisik, seperti olah raga dan kerja.

“Bahkan dalam kegiatan outdoor, peserta LDK menunjukkan jiwa peduli lingkungan dengan melaksanakan tindakan patroli sampah dikawasan sekolah masing masing,” terangnya.

Kegiatan rutin LDK, lanjutnya, sesuai visi dan misi sekolah yang ia pimpin, “Unggul dalam Mutu, Berwawasan Lingkungan, Tangguh Bencana, Berkepribadian, dan Taqwa”, bertujuan agar program kerja yang dicanangkan OSIS.

Dilaksanakan kegiatan tersebut, pihak sekolah berharap, kepengurusan OSIS SMAN 1 Terusan Nunyai memiliki gaya kepemimpinan demokratis yang ideal.

“Kami berharap supaya kepengurusan OSIS memiliki gaya kepemimpinan demokratis yang ideal,” tandasnya.

Ia juga berpesan kepada peserta LDK untuk selalu membawa nama baik almamater dan berusaha semaksimal untuk bekerja dengan ikhlas demi kemajuan SMA Negeri 1 Terusan Nunyai tercinta.

“Peserta LDK sangat antusias sampai kegiatan akhir, semua peserta diajarkan menjalin komunikasi yang baik, kerja sama, merajut kekompakan dan kedisiplinan dan saya berpesan agar peserta LDK senantiasa menjaga nama baik almamater dan bekerja ikhlas demi kemajuan SMAN 1 Terusan Nunyai,” tegas Andreas Sinaga.

Ditambahkannya, “dengan memberi bekal materi kepemimpinan, maka sekolah menyiapkan calon pemimpin yang cakap jujur, terampil dan berkarakter serta berwawasan kebangsaan,” tukasnya.

Selain itu, “semoga anggota OSIS SMA Negeri 1 Terusan Nunyai diharapkan dapat menjadi penggerak yang kreatif, inovatif dan berakhlak mulia menjadi teladan yang baik bagi peserta didik SMA N 1 Terusan Nunyai,” pungkasnya.

LDK berlangsung di aula gedung serba guna milik sekolah setempat yang diikuti 11 sekolah SMA lainnya baik negeri maupun wasta dalam lingkup subrayon Kecamatan Terbanggi Besar. (Ersyan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close