Close

Lampung Tengah, JNNews — Insiden pengusiran dan upaya perampasan handpone wartawan media Warta News Rudiyanto yang diduga dilakukan seorang oknum pendidik juga Waka Humas SMAN 1 Seputih Mataram, Deka Andriyani, secara tegas dibantah pihak sekolah.

Kejadian bermula, saat Rudiyanto hendak melakukan tugas peliputan kegiatan rapat komite sekolah antara wali murid dan pihak sekolah, namun peristiwa memalukan tersebut terjadi dikarenakan pihak sekolah menganggap sikap wartawan tadi nilai kurang pantas.

Menurut kepala sekolah Made Tantra, rapat komite yang mereka laksanakan,  tidak ada yang perlu dirahasiakan dan ia juga mempersilahkan mengaudit dana komite jika ada pihak-pihak yang merasa curiga dan peristiwa pengusiran wartawan, dia beranggapan hanya sebatas kesalahpahaman.

“Silakan saja kalau ada yang meminta audit. Kita siap karena tidak ada rekayasa,” tukas Made Tantra.

Ia juga menjelaskan, media dan pihaknya adalah mitra dan membantah telah mengusir wartawan yang sedang meliput kegiatan rapat.

“Kita ini mitra, ini hanya kesalahpahaman, kami tidak mengusir. Memang rapat terbuka tetapi seharusnya izin dulu, bukan nyelonong. Sudah klarifikasi, cukup sampai disini. Kami tidak berniat lapor polisi,” kata Made Tantra, Rabu (14/08/2019).

Keterangan Deka Andriyani, dia menceritakan secara detil kronologi kejadian, menurut pengakuan Deka, pihaknya sudah menegur Rudiyanto agar meminta izin terlebih dahulu.

Namun, lanjut Deka, jurnalis tadi  justru menjawab tidak perlu izin, jawaban ini menimbulkan emosinya, sehingga mulai berkata keras kepada Rudi.

“Saya meminta satpam mengamankan karena tak bisa diajak koordinasi. Saya tidak bermaksud mengusir,” ujar Deka.

Persoalan dugaan upaya perampasan handphone milik Rudi, Deka mengakui, karena Rudi fokus merekam dirinya sambil menanyakan nama, hal ini  membuatnya kesal.

“Saya menepis handphone yang diarahkan ke saya, bukan merampas,” tandas Deka.

Pengakuan Rudi sendiri, ia bersikukuh telah mengikuti prosedur dengan mengisi buku tamu dan menunggu beberapa saat, karena melihat ada rapat komite, ia pun tergerak meliput dan menurutnya tidak ada informasi rapat itu tertutup. (ella)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close