Close
Dantamal IV Laksma TNI Arsyad Abdullah didampingi sejumlah pejabat penegak hukum memberikan keterangan pers.

BATAM, JNNews — Fleet One Quick Response (F1QR) Tim Gabungan Unit Lanal Tanjung Balai Karimun (TBK), berhasil menggagalkan penyelundupan 21 kilogram Narkotika berjenis sabu asal Malaysia di Perairan Anak TBK, Sabtu (13/07/2019).

Dalam konferensi pers, Komandan Lantamal IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah di lobby Mako Lantamal IV, Senin (15/07/2019), menjelaskan kronologis penangkapan, tersangka telah mengemas barang bukti dan menyimpannya secara rapi sebanyak 21 bungkus yang bertuliskan The China, sehingga tidak menimbulkan kecurigaan petugas.

Selajutnya dijelaskan Danlantamal, saat kapal petugas mendekati kapal pelaku, para pelaku berpura-pura sedang memancing ikan.

“Kepada petugas tersangka mengaku sudah yang kali ke tiga memasukan barang haram tersebut dari Malaysia ke Tembilahan, Indragiri Hilir Riau
dan setiap mengirimi barang haram itu, pelaku merima upah sebesar Rp 200 ribu,” jelas Laksma Arsyad Abdullah.

Penangkapan dan penggagalan menyelundupan tersebut berhasil di TNI AL hasil laporan intelijen terhadap aktifitas kapal mesin tempel 40 PK pada titik 1 ̊ 8 761” U -103 26 ‘295’ T.

“Setelah kami mendapatkan laporan dari intelijen, Tim F1QR Unit Lanal TBK langsung berkordinasi ke Lantamal IV, guna untuk tindakan lebih Lanjutnya dan tim berhasil mengamankan 1 orang pelaku bersama barang bukti berjenis sabu-sabu seberat 21 kilogram,” papar Arsyad Abdullah.

Selanjutnya, setelah penangkapan, pelaku dan sejumlah barang bukti dibawa ke Lanal TBK, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan akan segera diserahkan ke Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Kepulauan Riau (Kepri).

Konferensi pers dihadiri, Asintel Danlantamal IV Kol. Laut (P) Ari Aryono, Catur Yogiantoro, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Tri Hanla dan Dandim 0317/TBK Letkol Arm Rizal Analdie, Kapolres Karimun diwakili Wakapolres Kompol Jhon Heri Rakuta Sitepu, Kejari Randi, Pengadilan Negeri Yudi Rosadinata, BNNK Karimun Kompol Ahmad Soleh dan Kasi P2 KPPBC TMP B Karimun Martin. (hany)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close