Close

LAMPUNG TENGAH, JNNews — Sejumlah orang tua (Ortu) atau wali murid calon siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Lampung Tengah menyambut baik proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur zonasi dan online.

Menurut sejumlah menuturkan, diterapkan sistem PPDB Zonasi dan online sangat baik karena akan adanya pemerataan siswa disetiap satuan pendidikan tingkat SMP.

 

Loket pemberkasan tidak terlihat antrian. (foto: jng)

Juraida warga Bandarjaya Timur, mengatakan, “saya secara pribadi menyambut baik penerimaan siswa baru sistem online dan zonasi, biar ada pemerataan siswa ditiap-tiap sekolah lainnya, jadi gak semua anak bisa masuk ke sekolah yang dianggap favorit,” ujarnya saat dimintai tanggapan ia sedang mengantar anaknya pemberkasan di SMPN 3 Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Senin (24/06/2019).

Dan dia mengaku, PPDB online jauh lebih mudah dan praktis daripada pendaftaran secara manual yang mengakibatkan membludaknya peminat disalah satu sekolah yang difavoritkan masyarakat.

“Pendaftaran online, kalau menurut saya lebih praktis dan tidak perlu antri panjang, biasanya kalau belum online antriannya panjang banget, ramai yang mendaftar dan sekarang sekolah juga menyediakan 4 loket untuk pemberkasan, jadi lebih mudah dan gak jenuh,” tuturnya.

Senada dengan Juraida, Margo warga Bandarjaya Barat yang ikut menemani anaknya pemberkasan disekolah yang sama juga menyambut baik dan menurutnya tidak ada lagi sebutan sekolah unggulan atau favorit.

Dan Margo berharap, setelah PPDB sistem Zonasi online, ia berujar, agar para tenaga pengajar disetiap sekolah dapat meningkatkan mutu sekolah masing-masing.

“Sistem zonasi dan online cukup bagus dan baik, intinya tidak ada sekolah unggulan dan harapan saya, masing-masing guru dapat meningkatkan mutu pengajaran, jadi tidak ada lagi sebutan sekolah unggulan,” kata Margo.

Adanya sistem zonasi, lanjutnya, “ini bisa lebih meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah masing-masing,” tandasnya.

Demikian pula seorang guru SMPN 3 Terbanggi Besar, Novianita, saat dimintai tanggapan, mengatakan, PPDB Online jauh lebih baik dan secara administrasi juga praktis.

“Lebih praktis dan tidak berjubel-jubel, secara administrasi secara juga praktis, tinggal panitianya harus lebih siap agar proses bisa berjalan lancar,” tukasnya. (jn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close